Lebaran di Negeri Morella

Rusda Leikawa :

Iring-iringan Hadrat ke Mesjid Al-Muattaqim Morella

Iring-iringan Hadrat ke Mesjid Al-Muattaqim Morella

Minggu 20 September 2009 bertepatan 1 Syawal 1430 H, suasana Kemenangan & kebahagiaan menyelimuti hati setiap kaum muslimin di persada bumi ini, rasa syukur atas fitrah yang didapat  di lakukan dengan berbagai cara dari mulai salam-salaman saling memaafkan, tua mudah, kecil besar, semuanya pada minal aidin, bahkan tradisi uang salawat atau sering disebut ampao pun tidak ketinggalan. Hal ini adalah umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun ada yang berbeda dengan kebiasaan ini, kebiasaan yang mungkin sedikit dilakukan oleh orang Maluku, salah satunya yakni Morella.  Morella adalah salah satu negeri adat di pulau ambon yang terletak di pesisiran jazirah leihitu Kabupaten Maluku tengah dengan luas tanahnya kurang lebih 24 km bujur sangkar dengan jumlah penduduk kurang lebih 4798 jiwa (Sumber ; kantor pemerintah Negeri Morella 2007), Negeri Morella dalam  setiap lebaran diadakannya tradisi Hadrat pada 1 syawal dan tradisi Pukul Menyapu pada 7 Syawal atau 7 hari setelah 1 syawal. Ini bukan hal baru lagi buat masyarakat Morella dan Maluku pada umumnya, namun sudah menjadi tradisi turung temurung sejak 3 abad yang lalu.

Di negeri Morella , biasanya setiap hari raya idul fitri 1 syawal , selesai Sholat Ashar para pemuda berpenampilan rapi dengan Jas Hitam, peci, sarung ditambah dengan selendangnya, berkumpul didepan Baeleu Tomasiwa. Sambil menunggu aparat desa, para pemuda ini sudah pada barisanya masing-masing, biasanya setiap barisan terdiri dari 7 orang.

Ashar, suasana Jalan Telukabessy Morella dipenuhi oleh masyarakat untuk menyaksikan Hadrat yang dibawakan oleh para pemuda Morella. Tarian Hadrat yang syairnya berisikan  berupa sholawat Nabi ini dilantungkan dengan penuh suka cita oleh para pemuda Morella. Mendengar syair-syair itu membuat situasi  lebaran semakin asyik nuansa islam terasa kental. Iring-iringan Hadrat akhirnya sampai juga di depan Mesjid Al-Muttaqim Morella & seperti biasa penyambutan Hadrat dari desa Tetangga Mamala pun tiba. Sempat terlihat situasi yang penuh kekeluargaan. Pertemuan antara pemuda Morella dengan mamala dalam satu lingkaran Hadrat dan di akhiri dengan salam-salaman. Tradisi ini hanya bisa kita temui di Negeri Morella. <russ>

09-20-09-175646

09-20-09-175918

Iklan

Perihal roesda11
Menghargai Pertemanan dengan siapa saja, tanpa melihat latar belakangnya, suka puisi dan juga photografy.

25 Responses to Lebaran di Negeri Morella

  1. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Irama hadroh oleh pemuda-pemudi Morella memberikan kesan tersendiri, apalagi untuk saya yang notabene belum pernah ke Ambon, apalagi ke Morella, Hal ini menambah wawasan baru bagi saya, entah mengapa keberanian saya terus meraja lela menyentuh tulisan-tulisan yang roesda buat.. Jangan marah ya sahabat.. karena engkau ada untuk dibagi, sayapun ada untuk berbagi..
    Salam takzim Batavusqu 😉

  2. zipoer7 says:

    Saalam Takzim..
    Maap ya kangen

  3. yayu says:

    yaaaaaaaaaaaaaaaa
    ampunnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    hi pla kren jw,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    thn ini mm rus dpt akan

  4. topan says:

    yaaaaa… mantep banget tapi satu hal yang perlu di ingat bahwa bukan sejarah sendiri ato sejarah daerah sendiriloh…!!! yang harus diketahui dan dikembangkan tapi perlu juga untuk mengetahui sejarah dan budaya daerah-daerah lain. hal ini penting untuk di ketahui karena dari situ kita akan mengetahui titik benang merahnya antara sejarah budaya kita dengan sejarah budaya daerah-daerah yang lain…. tapi udah mantep kok…siiip banget tapi perlu ada pembaharuan. ockey….

  5. Yunda says:

    pada prinsipnya sudah bagus, tapi perlu tambahan2 dikit. jendelanya perlu di diperbaharui, n penggunaan bahasa atau kalimatnya harus tepat biar mudah dimengerti semua kalangan. ada kalimat yang kadang lupa dengan tanda baca. ada kalimat yang berulang.. perbanyak kata-kata mutiara, paling bagus lae isi dengan puisi-puisi yang menyentuh hati…..su bagus….

    eneng gagah perbaharui asa kan masia repu salahi ale tulisan lee.. jadi punang gagah asa.. supaya teng kelihatan… ok…

  6. Dini Ulfia Ameth says:

    ini desa saya… Morella… dekat mamala…..

  7. Dini Ulfia Ameth says:

    tolong add saya di Facebook dengan email sama seperti di atas….
    saya tinggal di Malang….. Jatim… saya dulu kuliah di Universitas Brawijaya Malang……

    Saya cucu dari H. Abdul Halim Ameth (Tete Duhu)

    Salam Kenal
    Dini Ulfia Ameth

  8. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Selamat pagi menyapa para sahabat demi sebuah persahabatan agar tak tergeser dengan kesibukan, Semoga tetap kesehatan yang hakiki diberikan untuk mbak Roes sekeluarga
    Salam Takzim Batavusqu

  9. putra jazirah says:

    Klau bisa tlng foto” pemandangan sawatelu & sekitar’y kas masu lae… maksud’y untuk mempromosikan sawatelu beach… Thank’s…

  10. ADE AMETH says:

    Kalau bs agenda acara dan foto2nya juga di tampilkan untuk menjadi promosi wisata di Blog ini, Ok..? salam dari Affan Ameth di Makassar.

  11. ileng says:

    bagi yang ingin lihat visual hadrat lebaran di morella, slkan buka di link ini:

  12. arman sasole says:

    aku arman sasole org morella skrg tinggal di malang sekolah saya skrg di SMK M 1 MALANG slm knal tolong klw bisa pantai LETANG dan SAWATELU di tampilkan dlm situs ini .agar di kenal oleh sluruh masyarakat iindonesia

    Aku cucu dari TETE DUHU’ dan NENEK DEHA ………………..( LETANG)

    SALAM 1 JIWA AREMA INDONESIA.

  13. ARMAN SASOLE says:

    iya,salam juga buat sahabat2 kak roesda di morella .buat negri morella maju truz dgn budaya2 yg ada di morella.jgn mau klah sama kota2 lain yg ada di tanah air.hidup morella MORELLA VERRY BEAUTIFUL. I LOVE MORELLA. MORELLA IS THE BEST.

    salam 1 jiwa AREMA INDONESIA.

    BALAZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ.

  14. roess says:

    LAWA MENA HAULALA
    SALAM PERJUANGAN

  15. RThenu says:

    Salam kenal Roesda,

    Beta inilah Roy Thenu yg berdiam di negeri Belanda. Oleh karna ada satu buku ‘Lani Lisa, Lani Nusa’ ceritakan perang Kapahaha oleh Bpk Latukau keluar di Belanda yg beta dapat membacakan dn melihat bahwa dalam Dewan adat Kapahaha termasuk salah satu 13 anggota ‘Tenu’ dari Hutumuri. Beta waktu tahun 2010 kunjungi Maluku-negeri Hutumuri bersama dua saudara Thenu penduduk negeri Hutumuri kunjungi Morela. Tiba dan masuk di Morela kita mendapat orang yg pertama adalah Thenu. Kita bilang kita Thenu dari Hutumuri dan ingin bertemu dengan marga Thenu di Morela untuk cari tau hubungan dn sejarahnya. Dengan sangat Gembira kita 3 Thenu dari Hutumuri di terima oleh marga Thenu Morela. Dengan berbangga hati kita mendengar cerita sejarah dari bapa2 Hadji Mochin Thenu dan lain2 dari Morela bahwa dari generasi ke generasi di kasi tau ke anak2 cucu Thenu Morela asalnya dari Hutumuri. Yg ke Morela pada abad 16 (1635?) untuk membantu dalam peperangan adalah bongso dari tiga laki2 Thenu dari Hutumuri. Sehabis kunjungan kita di Morela, kita melaporkan pengalaman kita di marga Thenu di negeri Hutumuri. Mulai itu bulan juli tahun 2010 di adakan perhubungan antara Thenu Morela dan Hutumuri untuk cari tau dan mengalikan sejarah perhubungan Thenu Morela dn Hutumuri.
    Mungkin saudara Roesda bisa ceritakan lebih lanjut atau dimana tau karna dalam Simbol Dewan Adat Kapahaha ‘Manu Saliwangi’ Thenu bersama Leikawa (Telukabessy) bertempat di ekornya dn bertugas untuk atur peperangan dan keamanaan kalau beta tidak salah.

    Hormat beta dari Belanda,

    Roy Thenu

  16. Helmi Pical says:

    Mantap Kaka 🙂

  17. keren.. saya akhsan dari makassar skrg lgi diambon.. belajar adat2 maluku. maju terus maluku, damai selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: